KATARAK TRAUMATIK PDF

Latar Belakang: Katarak Traumatik merupakan katarak yang muncul sebagai akibat cedera pada mata yang dapat merupakan trauma perforasi ataupun tumpul. Traumatic cataracts occur secondary to blunt or penetrating ocular trauma. Infrared energy (glass-blower’s cataract), electric shock, and. Katarak adalah kekeruhan (bayangan seperti awan) pada lensa tanpa nyeri, yang berangsur-angsur penglihatan kabur dan akhirnya tidak.

Author: Faushura Dairamar
Country: Madagascar
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 5 October 2017
Pages: 414
PDF File Size: 19.66 Mb
ePub File Size: 20.76 Mb
ISBN: 672-6-77679-191-8
Downloads: 82442
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Faelrajas

Kimia Trauma basa pada permukaan mata sering menyebabkan katarak, selain menyebabkan kerusakan kornea, konjungtiva, dan iris. Email the author Login required.

Katarak traumatik ringan dapat membaik dengan sendirinya namun jarang ditemukan. Dengan bertambahnya angka harapan hidup maka diperkirakan pada tahun prevalensinya akan meningkat 1 menjadi dua kali. Selain Selain itu, mula kerja teknik anestesi ini juga juga lebih lambat. Adanya edema dan eritema pada kelopak mata 2. Pada perjalanan dari stadium I ke stadium IV, dapat timbul suatu keadaan yang disebut intumesensi yaitu penyerapan cairan bilik mata depan oleh lensa sehingga lensa menjadi cembung dan iris terdorong ke depan, bilik mata depan menjadi dangkal.

Setiap tahunnya diperkirakan Pada paska operasi minggu, refraksi menjadi stabil, selain itu kacamata dapat diresepkan bila ada perubahan.

Kalau tidak ada kekeruhan di lensa, maka sinar dapat masuk ke dalam mata tanpa ada yang dipantulkan.

KATARAK TRAUMATIK

Based on a work at http: Meningkatkan cahaya pada saat membaca c. Rehabilitasi visus terapetik 3. Lensa akan menjadi keras pada bagian tengahnya, sehingga kemampuannya memfokuskan benda dekat berkurang.

Pasien dengan demensia c. Epidemiologi Di Amerika Serikat diperkirakan terjadi 2,5 juta trauma mata setiap tahunnya.

  AIEPI NUT PDF

Nuriadara Samira –

Hal ini tentunya juga bergantung kepada penatalaksanaan luka kornea yang hati-hati dan pencegahan terhadap infeksi, akan tetapi trauma-trauma seperti diatas dapat juga melibatkan kapsul lensa, yang mengakibatkan traumati lensa mata ke bilik anterior. Mengurangi insidensi edema makuler kistoid, terlepasnya retina, dan ede ma korna 7. Katarak mengurangi ketajaman cahaya dan menyebabkan silau, oleh karena itu dianjurkan juga menggunakan kacamata yang berwarna dengan harapan menyerap sinar dengan spektrum warna tertentu yang menyebabkan traumatuk tersebut.

Anestesi topikal diberikan bersamaan dengan atau tanpa sedasi intravena.

Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran)

Katarak senilis adalah jenis katarak yang paling iatarak dijumpai. The visual acuity improvement occurred in 10 cases and in 1 case the visual acuity remained stable. Pemilihan teknik ini tergantung dari ketersediaan alat, keterampilan yang dimiliki ahli bedah mata tersebut, dan 10 ketebalan nukleus lensa tersebut.

Anestesi ini akan memberikan akinesia okuler dan anestesi daerah tersebut. Pada umumnya kattarak mumnya terjadi pada stadium II. Penetrasi bola mata c. Bila ditemukan katarak unilateral, maka harus dicurigai kemungkinan adanya riwayat trauma sebelumnya, namun hubungan sebab dan akibatnya kadang-kadang cukup sulit dibuktikan dikarenakan tidak adanya tanda-tanda lain yang dapat ditemukan mengenai adanya trauma sebelumnya tersebut.

Perkembangan mata mulai tampak pada mudigah 22 hari sebagai sepasang lekukan dangkal pada sisi kanan dan kiri otak depan. Five cases had post traumatic uveitis that reccurred after cataract extractions and IOL implantation and 1 patient showed retinal cicatrization identified after the operation.

Keadaan ini disebut katarak kat arak Morgagni. Penurunan ketajaman visus Katarak secara klinis relevan jika menyebabkan penurunan signifikan pada ketajaman visual, baik itu dekat maupun jauh. Injeksi intravena sehingga menyebabkan aritmia ar itmia jantung e. Sisi posteriornya berkembang ke arah polus posterior lensa di dalam kapsul lensa.

  EMAAR MISR PDF

KATARAK TRAUMATIK – PDF Free Download

Gejala objektif didapatkan dari hasil pemeriksaan fisik oftalmologikus. Serabut lensa posterior terbentuk pada usia kehamilan bulan yang membentuk nukleus fetal. Luka yang lama sembuh 2. American Academy of Ophthalmology.

Edema kornea, terjadi karena endotel kornea yang terlipat selama pengangkatan lensa 8. Sejarah Pada awal dilakukannya bedah katarak, tidak dilakukan anestesi sama sekali.

Mekanisme coup adalah mekanisme dengan dampak langsung. Patofisiologi Trauma tumpul bertanggung jawab dalam mekanisme coup dan contrecop. Vesikel ini terdiri dari satu lapis sel-sel sel-sel kuboid yang menjadi membran dasar kapsul lensadan mempunyai diameter kira-kira 0,2 mm.

Secara fisiologik lensa mempunyai sifat tertentu, yaitu kenyal atau lentur karena memegang peranan terpenting dalam akomodasi untuk menjadi cembung, dan jernih transparan karena diperlukan sebagai media penglihatan yang berfungsi memfokuskan berkas cahaya ke retina.

Selain itu, dengan menggunakan retinoskopi atau oftalmoskopi langsung, akan ditemui perbedaan area refleks merah yang jelas terlihat dan tidak terlalu t erlalu jelas.

Luka kurang sempurna tertutup 7. Untuk memfokuskan cahaya yang dating dari jauh, otot-otot siliaris relaksasi, meregangkan serat zonula dan memperkecil diameter antero-posterior lensa sampai ukurannya yang terkecil, dalam posisi ini, daya refraksi lensa diperkecil sehingga berkas cahay para llel akan terfokus ke retina. Operasi Indikasi operasi katarak: Kadang munculnya katarak dapat tertunda samapi kurun waktu beberapa tahun. Katarak toksik jarang terjadi.

Basic and Clinical Science Section